Quiz Perencanaan Wilayah Pesisir Terpadu

Adanya konflik kepentingan antara konservasi dan pembangunan  ekonomi, terutama yang menyangkut konservasi ekosistem (terumbu karang, mangrove, padang lamun), perairan pesisir dan ekosistem lahan basah lainnya menjadi lahan pertanian, pemukimanan, kota pantai (waterfront city) dan peruntukkan lainnya. Bagi kebanyakan perencanaan pembangunan ekonomi adalah hal tersebut wajar untuk mereklamasi ekosistem yang terdapat di kawasan pesisir. Karena, bagi mereka ekosistem tersebut dianggap kecil sekali nilai ekonomisnya atau malah dianggap sebagai lahan mubazir (waste land). Silakan anda analisa sesuai kajian pengelolaan wilayah pesisir terpadu. Apakah anda setuju atau tidak. Berikan alasan anda. 

Selamat mengerjakan

Salam


Nama-nama yang sudah saya terima quiznya
1. Widodo
2. Rukini
3. Anthony
4. Trya N
5. Rianty
6. Widya
7. Lovita
8. Saberina
9. Abdullah
11. Ahmad P
12. Okawati
13. Mei
14. Afti Ayu
15. Imansyah
16. Nopia
17. Jenny
18. Wita
19. Veti S
20. Miske E
21. Vinni
22. Indah PS
23. Bayu P

HASIL UTS MATA KULIAH PENGANTAR OSEANOGRAFI


HASIL UTS MATA KULIAH PEMETAAN SUMBERDAYA KELAUTAN 2015

Hasil UTS mata kuliah Pemetaan Sumberdaya Kelautan Tahun 2015 dapat di lihat pada Gambar 1, 2 dan 3. Yang harus anda perhatikan bahwa: (1). Hanya nilai <60 yang bisa melakukan perbaikan, (2). Mahasiswa Kelautan yang nilainya > 60 tidak diijinkan mengikuti ujian perbaikan, (3). Jadwal komplain nilai UTS dan ujian perbaikan saya beri waktu sampai Senin, 7 Desember 2015 pukul 12:00 WIB (Tolong di koordinir oleh Komti).

Gambar 1. Hasil Ujian UTS Pemetaan Sumberdaya Kelautan (Hal.1)

Gambar 2. Hasil Ujian UTS Pemetaan Sumberdaya Kelautan ( Hal. 2)

Gambar 3. Hasil Ujian UTS Pemetaan Sumberdaya Kelautan ( Hal. 3)

Selamat yang sudah sukses dalam UTS. Tetap teruslah belajar, saya tunggu paling lambat pada tanggal dan waktu yang sudah ditentukan.

Salam

Hati hati pilih agen! Traveloka Memang Cepat, Murah dan Harga Jujur

Ayo pilih Traveloka

Bila ada yang masih bingung cari tiket mudik ya pilih Traveloka saja. Ini adalah kali ke tiga tiket penerbangan saya percayakan sama Traveloka. Awalnya, saya coba pesan tiket ke beberapa website maskapai penerbangan. Harganya lumayan gigit jari sambil berlutut. Pikir dipikir eh teringat iklan di teve yang kreatif dan unik dari Traveloka. Benaran gak sih iklan tersebut dan sudah 2 kali penerbangan selalu dengan Traveloka. Coba coba cek websitenya Traveloka. Wow! Harganya murah dan jujur banget. Kita tinggal pilih maskapai mana sesuai keinginan kita. Waktu dan harga suka suka kita. Tanpa pikir panjang. Kayaknya udah jadi korban iklan nih. Saya memutuskan memilih Traveloka. Soalnya perjalanannya dengan biaya sendiri bisa dihitung jari. Kebanyakan dari Bos. Jadi mesti kudu hemat dan cermat. Apalagi bau bau lebaran masih kuat. Takunya tiket sering kehabisan. Harus hati hati pilih agen. Kalau ada yang murah, cepat dan harga jujur kenapa pilih yang lain. Saya pilih traveloka yang lain terserah.

Eh rupanya prosesnya hanya 2 menit saya sudah menerima e-tiket dari Traveloka. Kebetulan didukung internet banking. Semuanya jadi mudah dan cepat. 

Langkah-langkah memesan tiket di Traveloka.
Pertama. Kunjungi laman Traveloka.

Seperti petunjuk pada Gambar di bawah ini

Tentukan Tujuan penerbangan

Pilih maskapai waktu dan harga. Suka suka kita. Ikuti Petunjuknya
Selanjutnya isi data pemesan

Prosesnya hanya beberapa detik saja. Tergantung sinyal dan koneksi internet

Cek kembali

Pilih motede pembayarannya. Kalau menggunakan Internet Banking Bank Bri

Ingat 3 angka terakhir

Baca sebelum setuju

Beberapa detik menunggu

Panduan Transfer. Bila Via Internet Banking Cukup Nomor rekening dan Nominal harga

Akhirnya. Silakan lakukan pembayaran dan klik saya sudah bayar. Tunggu beberapa detik akan di confirms selanjutnya menunggu proses cetak e tiket tunggu beberapa detik. Bila tidak mau menunggu silakan buka email. Karena e-tiket di kirim ke email juga. Bersama Invoice (kwitansi) terlampir.

Kiriman email dari Traveloka

Email balasan saya atas pelayanan traveloka. Terimakasih
Pelayanan yang ramah dan cepat. Salam  Traveloka


Ayo pilih Traveloka. Mudah, murah dan jujur harganya. Salam Traveloka!

Hiburannya. Yuk lihat iklan traveloka yang kreatif







[INFO LOMBA] AYO MENANGKAN JALAN JALAN GRATIS MENJELAJAH 7 DESTINASI ALAM LIAR BORNEO| Apple MacBook Pro Bawa Pulang|


Photo viva.co.id
Tahun ini benar- benar tahun luar biasa. Beberapa jam yang lalu saya mendapatkan email dari admin.socialmedia +VIVA.CO.ID . Saya sengaja mengutip isi email tersebut. Isinya seperti ini.

Daihatsu dan VIVA.co.id kembali mengajak blogger untuk merasakan penjelajahan seru. Tiga blogger terbaik berkesempatan menjelajah Kalimantan bersama New Daihatsu Terios,dan akan mengunjungi 7 destinasi “Borneo Wild Adventure” di antaranya :

l Palangkaraya l Kruing l Pulau Kaget & Kandangan | Amuntai & Balikpapan l Samarinda l Tn.Kutai l Maratua l
 
Raih juga kesempatan memenangkan GRAND PRIZE berupa Apple MacBook Pro. Hadiahnya Apple MacBook Pro! Ini luar biasa. Anda menikmati alam liar borneo selama kurang lebih 10 hari. Dari tanggal 14 September - 23 September 2015. Ayo segera ikutan

Lomba ini berjalan mulai 22 Juni - 10 Agustus 2015. Untuk syarat dan ketentuan yang lebih lengkap, silahkan klik link berikut di sini

Selamat berjuang. Semoga anda salah satu dari 3 yang berhasil. Salam sahabat petualang. Daihatsu sahabatku.

Photo viva.co.id


[RENUNGAN RAMADHAN] KISAH MENGUMPUL DAN MENUMPUK HARTA



Mengintip malu malu. Bukit Tinggi. Photo Yar Johan

Semoga kita semua selalu dalam kesehatan dan lindungan dari Allah. Sepanjang Bulan Ramdhan ini saya akan mencoba berbagi kisah-kisah yang diambil dari berbagai sumber. Artinya bahwa kisah ini murni bukan karya saya. Tentu kisah ini ada hikmahnya. Iya, kebetulan bulan ini bulan suci saatnya kita berbagi. Semoga bermanfaat.

Ada dua hal harapan terbesar dalam hidup saya terkait kisah ini yaitu pertama buat saya pribadi agar mampu bercermin dari kisah kisah kehidupan sebelumnya, sedangkan yang kedua pengingat buat saya juga sering kali beberapa artikel atau bahan bacaan yang bagus sering hilang bila saya simpan. Soalnya letak filenya tidak tahu. Sering lupa meletakkanya di mana. Jadi tujuan adwal blog pribadi ini adalah sebagai rumah saya. Jadi saya tak ingin melewatkan begitu saja. Biar rumah selalu asri dan indah. Tentu harus merawat dan menjaganya.

#KisahRamadhan1

|Untukmu yang silau akan harta dunia ini| Akankah di bawa kemana semua itu? Setelah engkau kumpulkan dan tumpukkan| Halal| Halal| Halal| Yar Johan 2015|

Kisahnya bermula seperti ini. Ada seorang Konglomerat telah menulis satu surat wasiat : "Barang siapa yang dapat menjagaku di dalam kubur setelah Aku mati nanti akan kuwarisi separuh dari harta peninggalanku". Lalu ditanyakanlah hal itu pada anak-anaknya apakah mereka sanggup menjaganya di dalam kubur nanti. Namun anak-anaknya menjawab, "Mana mungkin kami sanggup menjagamu wahai ayah karena pada masa itu ayahpun sudah menjadi mayat". Selang keesokan harinya dipanggillah semua adik-adiknya dan beliau berkata, “Wahai adik-adikku sekalian sanggupkah kamu menjaga aku setelah aku mati nanti selama 40 hari bersamaku di dalam kubur? nanti aku akan memberi setengah daripada hartaku kepada di antara kamu yang sanggup bersamaku. Dan adik-adiknya pun menjawab, “Wahai abangku, adakah engkau sudah gila mana mungkin ada manusia yg sanggup bersama mayat selama itu di dalam tanah.” Lalu dengan sedih Konglomerat tersebut memanggil ajudannya untuk mengumumkan penawaran istimewanya itu ke seantero negeri.

Akhirnya sampai jugalah pada hari di mana konglomerat tersebut kembali ke Rahmatullah. Kuburnya telah dihias dg megah laksana sebuah peristirahatan termewah yg pernah ada dg semua perlengkapannya. Pada waktu yang hampir bersamaan seorang Tukang kayu yang sangat miskin telah mendengar akan wasiat tersebut lalu diberitahu kepada isterinya apakah dia perlu mengambil kesempatan ini untuk menjadi kaya. Isterinya berkata, “Wahai suamiku, apalah artinya menjaga mayat tersebut selama 40 hari dibandingkan kerjamu ketika menebang kayu di dalam hutan dan bertemu dg harimau dan hantu penunggu hutan. Tukang kayu tersebut dengan tergesa-gesa segera datang ke rumah konglomerat tersebut untuk memberitahukan kepada ahli waris konglomerat tersebut akan kesanggupannya. Keesokan harinya dikebumikanlah jenazah Sang Konglomerat, Si Tukang kayu itu pun ikut turun ke dalam liang lahat bersama kapaknya.

Setelah tujuh langkah para pengantar jenazah meninggalkan area pemakaman tsb, maka datanglah Malaikat Mungkar dan Nakir ke dalam kubur tersebut. Si Tukang kayu menyadari siapa yang datang maka Ia segera agak menjauhkan diri dari mayat konglomerat tersebut. Terbetik di fikirannya bahwa sudah tiba saatnya Sang konglomerat tersebut akan diinterogasi oleh Mungkar dan Nakir. Tetapi yg terjadi malah sebaliknya, Mungkar dan Nakir malah menuju ke arahnya dan bertanya "Apa yang kau buat di sini" ?. Aku menemani mayat ini selama 40 hari untuk mendapatkan setengah harta wasiatnya" jawab si Tukang kayu. "Apa harta yang ada pada kau sekarang"? lanjut Mungkar-Nakir. "Aku cuma memiliki sebatang kapak ini saja untuk mencari rezeki" timpal si tukang kayu. Kemudian Mugkar-Nakir beritanya lagi "Dari mana kau dapat kapak ini" ?. "Aku membelinya" balas si tukang kayu. Lalu pergilah Mungkar dan Nakir di hari pertama dari dalam kubur tersebut. Hari kedua Mereka datang lagi dan bertanya "apa yang kau buat dengan kapak ini"?. "Aku menebang pohon untuk dijadikan kayu bakar untuk dijual" sergah tukang kayu. Di hari ketiga di tanya lagi "Pohon siapa yang kau tebang dengan kapak ini?. "pohon itu adanya di hutan belantara jadi ngak ada yg punya" timpalnya. "Apa Kau yakin" lanjut malaikat.Kemudian Mereka menghilang dan datang lagi di hari ke empat. Kemudian Mereka bertanya lagi "Adakah kau potong pohon tersebut dengan kapak ini dg ukurannya dan beratnya yg sama untuk dijual?. "Aku potong dikira-kira saja, mana mungkin ukurannya bisa sama rata" tegas tukang kayu. Begitu terus yg dilakukan malaikat Mungkar Nakir datang dan pergi sampai tak terasa sekarang 39 hari sudah dan yg ditanyakan masih berkisar dg kapak tersebut.

Di hari terakhir yang ke 40, datanglah Mungkar dan Nakir sekali lagi bertemu dengan Tukang kayu tersebut. Berkata Mungkar dan Nakir "hari ini aku akan kembali bertanya soal kapak ini". Belum sempat Mungkar dan Nakir bertanya, si Tukang kayu tersebut malahan dg segera melarikan diri ke atas dan membuka pintu kubur tersebut. Ternyata di luar sdh banyak orang yg menantikan kehadirannya untuk keluar dari kubur tersebut. Namun si Tukang kayu tersebut dengan tergesa-gesa keluar dan meninggalkan mereka semua dan sambil berkata ambillah semua bagian harta wasiat tersebut oleh kalian karena aku sudah tidak menginginkannya lagi.

Sesampai di rumahnya lalu si isteri berkata wahai suami ku, di manakah setengah harta peninggalan konglomerat tersebut. Maka si Tukang kayu menjawab "Aku tidak menginginkannya lagi, di dunia ini harta yg kumiliki padahal cuma semata kapak ini, tapi malaikat Mungkar dan Nakir sampai 40 hari yg mereka tanyakan dan persoalkan masihlah saja di seputar kapak ini. Bagaimana jadinya kalau hartaku begitu banyak...entah berapa lamanya dan bagaimana Aku menjawabnya"

Sahabat Rasulullah saw yg paling kaya ialah Abdul Rahman bin Auf ra. Beliau dikatakan adalah sahabat yang paling terakhir masuk surga karena lamanya masa yg digunakan untuk menghisab beliau, seperti dari riwayat Aisyah ra yg pernah mendengar Rasullullah SAW bersabda "Kulihat Abdurrahman bin’Auf masuk surga dengan perlahan-lahan (merangkak)!” (HR Bukhari)

Dari Ibnu Mas’ud ra dari Nabi Muhammad SAW bahwa beliau bersabda, "Tidak akan bergerak tapak kaki anak Adam pada hari kiamat, hingga ia ditanya tentang 5 perkara yaitu umurnya untuk apa dihabiskannya, masa mudanya, kemana dipergunakannya, hartanya darimana ia memperolehnya & kemana dibelanjakannya & ilmunya sejauh mana diamalkan?" (HR. Turmudzi)
====
Kaya tidak masalah tapi yang menjadi masalah dari mana harta kita dan untuk apa digunakan.
Mari sama-sama kita mencari rezeki yang halal dan baik serta digunakan dalam jalan kebaikan

Sumber: Facebook


Selamat hari jadi bidadari surgaku

Met MILAD, my honey. Semoga umurnya baroqah dan menjadi istri serta ibu super yang sholeha. Aamiin. Thanks ya Mama, Papa, Timah dan Ken. Photo Yar Johan



“Maukah aku kabarkan kepada kalian tentang wanita-wanita kalian yang berada di surga? Yang penyayang, banyak anak dan banyak meminta maaf; yaitu wanita yang tatkala dizhalimi (oleh suaminya) mengatakan, ‘Ini tanganku berada di tanganmu, aku tidak akan merasakan ketenangan hingga engkau ridha’.”
“Hindarilah olehmu sifat cemburu, karena merupakan kunci terjadinya perceraian. Jauhilah olehmu banyak mencela, karena akan menyebabkan kebencian. Pergunakanlah celak, karena merupakan perhiasan yang paling baik. Dan wewangian yang paling semerbak adalah air [ Wasiat ‘Abdullah bin Ja’far pada hari pernikahan putrinya]
Selamat MILAD ya, istriku.

Pada kesempatan kali ini. Suamimu ingin menyampaikan sebuah kisah seorang ibu menasehati putrinya pada malam pernikahan, dia berkata, “Kamu wajib untuk qona’ah, mendengar dan taat, menjaga diri dan tenang. Jagalah kecintaan. peliharalah harta benda. Bantulah pekerjaannya. Kerjakan apa yang menyenangkannya. Simpanlah rahasianya. Jangan menentang perintahnya. Tutuplah cela dan sakunya. Cintailah dia ketika sudah tua. Jagalah lisanmu. Pilihlah tetanggamu. Dan kokohlah di dalam keimananmu.” 

Kisah yang menarik untuk dikaji dan diambil hikmahnya. Memang di atas ada wasiat dan kisah yang suamimu tampilkan. Agar keluarga kecil kita senantiasa di hiasi oleh Al quran dan kebahagiaan dunia akherat.

 Istriku yang paling cantik sedunia 

Tepat hari ini dirimu lahir. Sudah berapa umurmu sekarang, sayang? Ingatkah dirimu hari ini adalah 4 bulan 5 hari atau tepatnya 125 hari (seperti film tetangga mas gitu pake angka segala) kita mengarungi bahtera kapal yang mungil dan bahagia ini. Lupa dengan judul film itu. Itu lho, sayang. Film yang dulu kesukaan suamimu waktu belum menikah. 125 hari hidup bersamamu adalah anugerah yang terindah yang suamimu miliki. Tak ada harta yang ternilai di muka bumi ini selain dirimu. Keindahan dunia ini dirimulah. 

Selamat hari lahir ya, Ibu dari calon anak anakku

Engkaulah penyemangat hidupku. Semoga engkau menjadi istri yang sholeha. Senantiasa sehat. Bahagia selalu bersama keluarga kecil kita. Selalu semangat demi bahtera impian terindah kita. Impian impian yang begitu banyak yang telah kita susun. Semoga impian bulan madu di lombok dan mekkah tercapai tahun depan. Semoga persalinan dedek nanti dimudahkan dan dilancarkan. Aamiin Ya Rabb.
Betapa bahagianya suamimu hari ini, sayang. Sudah berapa kali suamimu mengucapkan. Selamat Ulang tahun? Selamat ulang tahun? Selamat ulang tahun istriku? Sebuah permaknaan akan berkurangnya umur kita hidup di dunia ini. Setiap detik suamimu berdoa pada Sang Pemilik Dunia. Agar istriku kuat dan selalu dalam ridho Allah. Menjadi ratunya pada Bidadari dari semua penjuru dunia akherat.

Istriku yang termanis mengalahkan madu

Tepat di hari jadimu ini. Suamimu juga ingin mengucapakan terimakasih, sayang. Selama ini dirimu selalu menguatkan dan membantu imammu ini. Membantu belajar bagaimana menjadi imam yang bijak dan peduli. Menguatkan ketika suamimu lemah dan terjatuh. Tempat bermanja. Justru suamimulah yang dimanja. Bukannya dirimu memanja. Mungkin ada sikap suamimu yang salah mohon di maafkan. Salah ucap dan salah ujar. Mohon di maafkan ya, sayang. Kekurangannya kita perbaiki bersama sama. Semoga bahtera kita ini menuju surga. Betapa bahagianya suamimu ketika hari lahirmu, dirimu tetap berbagi pada yang tidak mampu. Tahun depan kita rayakan miladnya bersama anak anak yatim piatu ya, sayang. Sekalian biar dedek belajar berbagi buat sesama. Semoga suamimu memberikan kado yang selama ini dirimu impikan. Aamiin.



Puisi hari jadi bidadari surgaku

Oleh Yar Johan
Buat istriku yang lahir hari ini

Bila ditanya rembulan matahari angin dan air
Atau tanah tempat berpijak
Bahkan laut yang berombak
Aku memilih engkau selalu di sisiku, istriku
Membuat aku nyaman dan tentram

Bila memilih permata dan berlian ribuan tahta
Atau uranium sekalipun
Aku hanya ingin bermanja dan dimanja bersamamu, sayang
Menguatkan langkah kaki ini kokoh dan bertahan

Bila hadir malam atau siang
Esok pagi atau nanti
Hadirmu yang selalu ku nantikan setiap detik napas ini, istriku
Melepaskan himpitan rongga didada yang sering tersumbat
Kembali menjadi lega dan riang gembira

Istriku,
Bilaku mampu. Ingin selalu memelukmu setiap waktu
Biarlah pagi cemburu
Matahari mengintip malu malu
Suamimu takkan peduli
Pelukmu adalah napasku
Denyut nadi ini berdetak doa buatmu

Selamat hari jadi bidadari surgaku
I love u

Padang guci, 1 Mei 2015.

About Me

Perkenalkan, Saya Yar Johan beberapa teman memanggil dengan panggilan Ayah Zaza. Ayah dari seorang putri yang cantik dan imut. Iya putri saya bernama Hafshah Az Zahra (Ayuk Zaza). Saya Alumnus IKL UNRI  dan FPIK IPB, yang kini mengabdikan diri sebagai Dosen Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu. Suka baca puisi sejak kecil, senang menulis dan travelling. Senang juga berorganisasi, pernah aktif di Forum Lingkar Pena (FLP), HMI, BEM, PRAMUKA dan Forum WACANA IPB. Pernah menerima Beasiswa Unggulan DIKTI, Beasiswa Penyusunan Disertasi  Coremap-CTI, Beasiswa Tanoto Foundation, Beasiswa Penyusunan Tesis Coremap, Beasiswa PPA, Beasiswa SUPERSEMAR, Beasiswa Yayasan Caltex Rumbai, Beasiswa Fisabilillah dan Beasiswa Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Manna.